Jumat, 15 April 2016

Resep Kue Serba Keju

Sudah lama rasanya aku nggak posting tentang resep kue. Sebenernya aku masih konsisten bikin kue kok, cuma aku sering kelupaan motret  hasil kue buatanku. Soalnya bikin kuenya sore atau malem sih, kan pencahayaanya bikin males banget buat foto. Nah, aku kembali mencoba konsisten untuk upload tiap resep kue yang udah aku cobain. Kali ini aku langsung ngeshare 3 resep sekaligus kue yang mengandung keju, soalnya males bikin 3 posting terpisah..hoho..Ya, entah mengapa akhir-akhir ini aku lagi ngiler tiap ngeliat resep kue yang mengandung keju, mungkin bawaan bayi kali ya? (bayi apaan? Bayi kucing? jangan bikin rumor deh..)

Oke, tanpa memperpanjang cerita ini dia tiga kue yang aku buat sebulan terakhir:

1.Donat Tape Keju (sumber:tabloit saji)

Donat Tape Keju

Ini donat terlembut yang pernah aku buat. Nggak tau karena bahanya atau karena aku benar-benar mengikuti resep untuk mendiamkan adonan sampai 3 kali, biasanya aku cuma diamin adonan 30 menit, terus langsung digoreng karena nggak sabar..hoho..

Bahan :
·         Terigu 400 gram
·         Tape singkong, haluskan 150 gram
·         Gula pasir 25 gr
·         Ragi instan 12 bungkus
·         Baking powder ½ sdt
·         Telur 1 butir
·         Air es 150 ml
·         Garam 1/8 sdt
·         Margarin 65 gr
·         Minyak untuk menggoreng
Topping: buttercream (aku ganti margarin aja) dan keju cheddar parut 100 gr
Cara:
1.       Ayak terigu dan baking powder. Tambahkan ragi dan gula pasir. Masukan tape. Aduk rata
2.       Masukan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis
3.       Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis.
4.       Diamkan adonan 30 menit. Kempiskan adonan lalu timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
5.       Ambil 1 adonan. Pipihkan. Bolongkan tengahnya, diamkan 30 menit.
6.       Goreng, dinginkan, beri topping.

2. Roti keju toping kopi (sumber:tabloit saji)

Roti keju toping kopi

Kalau menurut resep sih, harusnya pake toping pandan, tapi aku ganti dengan toping kopi untuk roti boy. Hasilnya enak, tapi aku lebih suka kalo fla keju tidak dicampur apa-apa tapi pake keju yang quick melt aja. Pasti rasanya lebih ‘ngeju’. Hasil kue dari resep cukup banyak, dan rotinya ngembang.

Bahan toping:
·         Gula 3 sdm
·         Margarin 3 sdm
·         Terigu 6 sdm
·         Telur 1 butir
·         Kopi hitam/ nescafe 2 sdm
(kocok semua bahan jadi 1 hingga lembut, masukan plastik segitiga dan simpan di kulkas)
Bahan vla keju:
·         Susu cair 200ml
·         Maizena 3 sdm
·         Gula pasir 1 sdt
·         Garam ½ sdt
·         Kuning telur 2
·         Keju cheddar parut 75 gr
Bahan roti:
·         Terigu 450 gr
·         Susu bubuk 25 gram
·         Gula 85 gr
·         Ragi 7 gr
·         Telur 1 butir
·         Kuning telur 1
·         Air es 200 ml
·         Margarin 75 gr
·         Garam ½ sdt
Cara:
1.   Vla: rebus susu+maizena+gula+garam sambil diaduk sampai meletup. Tambahkan kuning telur dan keju cheddar parut. Aduk rata. Angkat. Sisihkan
2.       Roti: campur : terigu+susu bubuk+gula+ragi, aduk rata
3.       Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
4.       Kempiskan adonan. Timbang adonan @5ogr, bentuk bulat, diamkan 10 menit.
5.       Ambil 1 adonan, beri isi, bentuk bulat, letakan pada kertas cup atau cetakan cupcake. Diamkan 60 menit. Semprotkan toping melingkar diatasnya.
6.       Oven dengan suhu 180 derajat celcius 15 menit sampai matang.

ceritanya mau liatin vla isi


3. Steam Cheddar Cheese Cupcakes

Steam Cheddar Cheese Cupcakes
Ini yang favorit diantara 3 resep yang ku share hari ini. Bikinya nggak repot dan kuenya lembut. Apalagi waktu masih anget. Cocok banget untuk teman ngopi. Sayang, jadinya nggak terlalu banyak, hehe.. resep aku ambil dari sini. Satu adonan resep bisa menghasilkan 12 cupcake (aku menggunakan cetakan bolu kukus mekar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar