Selasa, 19 April 2016

Pizza Gulung Kacang



pizza gulung kacang

Resep kali ini kuambil dari klipingan resep lama punya mamaku, jadi aku nggak tau pasti resep ini dari majalah atau tabloid apa. Aku nyoba resep ini gegara minggu lalu aku nyobain croissantnya hypermart (sebenarnya bukan croissant beneran sih, bentuknya aja dimirp-miripin), jadilah aku kepingin makan lagi sebanyak-banyaknya. Berhubung aku nggak punya bahan buat bikin croissant, kupikir bikin roti mini jadilah.. hehe.. Jauh ya dari croissant jadi roti mini? Yah, menjelang aku memperoleh korsvet dan belajar bikin croissant sendiri (yang aku yakin nggak gampang buatnya), marilah menyimak resep pizza gulung kacang berikut:

Bahan kulit:
·         Terigu protein tinggi 300gr
·         Ragi 1 sdt (3 gr)
·         Gula 25 gr
·         Santan 190 ml (aku ganti dengan susu)
·         Minyak goreng 1 sdm (aku ganti dengan margarin yang dilelehkan)
·         Garam ½ sdt
Bahan Saus:
·         Santan 200 ml (aku ganti susu)
·         Gula merah disisir halus 50 gr
·         Daun pandan 1 lbr
·         Garam ¼ sdt
·         Larutan 1 ½ sdm maizena dengan 1 ½ sdm air
Bahan Taburan:
·         Kacang tanah sangrai dicincang kasar 100 gr
·         Gula pasir kasar 40 gr
·         1 Kuning telur dikocok lepas , aduk rata dengan 2 sdm susu cair.
Cara:
1.       Kulit : campur terigu + ragi + gula, aduk rata.
2.       Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukan minyak goreng dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3.       Saus : rebus santan+gula merah+daun pandan+garam sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Didihkan lagi. Kentalkan dengan larutan maizena. Masak sampai meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
4.       Giling tipis adonan kulit ½ cm. Oles saus.
5.       Tabur kacang tanah yang dicampur dengan sebagian gula pasir kasar. Gulung. Potong dengan ketebalan 1,5 cm. Letakan di cup kertas.
6.       Diamkan 40 menit. Oles dengan campuran kuning telur dan susu. Tabur sisa gula kasar.
7.       Oven 12 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

Pada proses pembuatan pizza kacang ini, aku melakukan satu kesalahan bodoh. Jadi, waktu mau menggiling adonan, aku nggak punya permukaan yang cukup luas dan bersih. Jadilah, aku menggiling adonan di lantai yang dialasi kain. Yah, sebenanrmya aku kurang lebih tau apa yang akan terjadi kalau adonan roti diletakan di atas kain, adonan akan lengket, tapi aku kira lengketnya masih bisa dengan gampang dilepaskan. Tapi rupanya aku salah..hoho.. Setelah adonan kugiling, kuolesi saus, dan kutaburi kacang, aku mencoba menggulung adonan seperti petunjuk resep. Dan hasilnya, amburadul saudara-saudara! Ternyata adonan sangat lengket di kain, sehingga aku harus merelakan bentuknya nggak rapi untuk memaksanya lepas dari kain. Jadi, pelajaran berharga yang bisa diambil dari kejadian ini adalah, jangan pernah meletakan adonan kue di atas kain!

Setelah adonan lepas, dan aku berhasil membuat gulungan yang nggak rapi dan nggak indah, aku pun mulai memotong-motong adonan. Nah, setelah dipotong, aku terpaksa menggulung ulang adonan satu persatu agar bentuknya bulat dan lebih cantik. Dan inilah hasilnya, pizza kacang buatanku:


Lalu, bagaimana dengan rasanya? Perpaduan rasa yang ada di roti ini pas, dan secara keseluruhan rasanya enak. Tapi tekstur roti tak begitu lembut dan cendrung kering. Sebagai pecinta roti lembut, aku nggak terlalu menyukai kue ini. Mungkin aku akan mencoba lagi dengan adonan roti lain yang ebih lembut. Tapi buat yang menyukai kacang dan tak mempermasalahkan soal teksturnya yang tak terlalu lembut, silahkan mencoba resep ini!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar