Senin, 28 Maret 2016

Obat Demam Alami Anak



Kurang lebih sebulan yang lalu Bagas mendadak demam tinggi. Sabtu malam suhunya mecapai 39,5 derajat Celcius. Sebenarnya, kalau ke dokter anak, jika demamnya segitu biasanya langsung dikasih obat yang dimasukan melalui anus. Tapi berhubung stock obat di rumah udah lama, aku nggak berani kasih. Akhirnya, Bagas kukasih penurun demam biasa dan kukompres.

Hari Minggu pagi, demam Bagas belum berkurang. Aku dan suami agak khawatir karena kondisi Bagas lemas, padahal biasanya walaupun demam dia tetap semangat main. Sebenarnya kami pingin bawa dia ke dokter, tapi berhubung hari Minggu, dokter langganan nggak praktek. Akhirnya, kami memutuskan untuk menunggu sampai siang untuk melihat perkembangan kondisi demamnya. 

Untungnya di rumah ada buku ‘1001 Resep Obat Asli Indonesia’ karangan sinshe Abu Muhammad Faris Al Qiyanji. Buku ini berisi berbagai resep obat tradisional untuk berbagai penyakit, mulai dari yang ringan seperti batuk hingga yang berat seperti pembengkakan hati. Untuk demam sendiri, resepnya bermacam-macam. Aku memilih mencoba 3 saran, yaitu memberi perasan wortel, memberi makan buah semangka yang banyak, dan mengoleskan campuran bawang dan minyak ke seluruh tubuh Bagas. Disamping itu aku juga memberi obat demam anak(sanmol) secara berkala. 

Alhamdulillah, sorenya demam Bagas turun, dan menjelang Maghrib ia sudah bisa dikatakan sembuh. Aku nggak tau apa penyebab demam dadakan bagas, tapi qadarullah gabungan dari obat-obatan alami itu cukup manjur. Nah, berikut resep dari buku ‘1001 Resep Obat Asli Indonesia’ yang aku cobain ke Bagas : 
 -Untuk olesan : Parut 3 siung bawang merah. Kemudian ampurkan dengan 2 sendok makan minyak goreng, ½ sendok makan minyak kayu putih+air, dan 1 jeruk nipis. Gosokan pada ketiak, punggung, perut, kepala, dan bagian yang panas.
- Resep perasan wortel : 2 ons wortel parut, diperas, kemudian airnya diminum.
-Kalau buah semangkanya, dimakan begitu saja, sebanyak yang Bagas mau. 

Di buku ‘1001 Resep Obat Asli Indonesia’ sebenarnya ada banyak resep demam, tapi aku milih yang rasanya enak jadi bisa ditelan sama Bagas. menurutku buku ilmu pengobatan seperti ini bermanfaat untuk dimiliki di rumah. Apalagi bahan-bahan yang digunakan alami sehingga Insya Allah tidak berefek samping. 

Mungkin ada yang belum mengenal sinse Abu Muhammad Faris Al Qiyanji, jadi berikut profil beliau, dari situs muslim.or.id:

Beliau adalah anggota Himpunan Pengobat Tradisional & Akupunktur se-Indonesia (HIPTRI), Ikatan Naturopatis Indonesia (IKNI), Yayasan Kesehatan Tradisional & Thibbun Nabawi Lugu Alami serta pemateri dialog interaktif di Radio Rodja 756AM.

Kalau aku sendiri, mengetahui Ustad Al Qiyanji dari acara tanya jawab seputar pengobatan di Radio Hidayah (siaran langsung dari Radio Rodja) setiap hari Rabu pagi. 

Nah, bagi yang berminat dengan buku ‘1001 Resep Obat Asli Indonesia’, silahkan mencari di toko muslim terdekat. Hehe.. Atau bisa mengunjungi situs yufid ini. Kalau tidak salah waktu itu aku belinya seharga Rp 55.000.

sumber: Almishbah.net
 ODOPfor99days #day21


Tidak ada komentar:

Posting Komentar