Rabu, 06 Januari 2016

muffin durian



Di Pekanbaru durian lagi banyak, satu buah ukuran kecil cuma dijual 5000 perak saja. Karena  itu, di postinganku hari ini aq mau ngeshare resep muffin durian yang aq buat bulan akhir November lalu.

Jadi, waktu aq nuangin tepung terigu ke adonan kue yang sedang kubuat, tak sengaja terbaca olehku resep yang tertulis di bungkusan tepung. Biasalah, sekarang resep gratis dicantumin dimana-mana. Nah, di bungkusan teriguku, ada resep muffin durian. Begitu melihat gambarnya aq langsung ngiler membayangkanya. Waktu itu, langsung aq niatkan di dalam hati untuk beli durian kalo ada yang jual (waktu itu durian belum terlalu musim). Eh, pas ke pasar rupanya ada yang jual, langsung deh dengan semangat aq beli itu duren dan kueksekusi resepnya.

muffin durian


Tapi, aq nggak pake resep dari bungkusan tepung terigu, jujur aja aq agak ragu dengan keabsahan resep gratisan di bungkusan berbagai makanan. Jadi aq segera searching resep muffin durian di mbok pinterest. Aq mendapatkan berbagai resep dengan takaran yang berbeda-beda. Wah, aq jadi  bingung nih. Akhirnya aq bandingkan semua resepnya dan aq padu padankan takaranya yang menurut aq masuk akal. Akhirnya, ini dia resep muffin durianku:

Bahan:
·         Tepung terigu 150gr
·         Gula kastor 100gr
·         Baking powder 2 sdt
·         Baking soda 1/2 sdt
·         Garam ¼ sdt
·         Butter 75 gr
·         Telur 1
·         Susu 150 ml
·         Daging durian 150 gr
Cara membuat:
1.       Cairkan butter
2.       Masukan telur ke butter, aduk rata. Tambahkan susu dan durian.
3.       Di mangkuk yang lain, campur : tepung, gula, baking powder, baking soda, garam.
4.       Tuang adonan basah ke adonan kering. Aduk sampa tercampur, tapi jangan overmix.
5.       Tuang adonan ke loyang muffin lebih kurang 2/3 penuh.
6.       Panggang 25-30menit di suhu 180C

Untuk cara pembuatan sama seperti membuat muffin-muffin lainya. Dan karena buah durian itu teksturnya emang lembut, jadi aq nggak perlu repot lagi untuk hancur-hancurin dagingnya.  Pokoknya aq seneng deh buat muffin, simple soalnya. 

Sebenernya aq agak khawatir dengan hasil muffin dari resep campur2 buatanku, tapi setelah menunggu +/- 20 menit, muffin yang harum, empuk, dan hangat pun nangkring dengan manis di oven. Manisnya pas dipaduin dengan aroma durian yang khas, ah comfort food banget mah ini. Tuh kan gara-gara nulis postingan ini bikin aq pingin bikin lagi nih! Beli duren ah entar kalo ke pasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar