Sabtu, 16 Januari 2016

Main Sama Bagas Batch 1

Sesuai komitmenku di 2016 ini untuk bermain dengan serius sama Bagas, aq mulai membuat berbagai mainan untuknya beberapa hari terakhir ini. menurut situs-situs tempat aq mencontek ide, beberapa permainan tersebut membantu perkembangan anak dibidang ini dan itu. aq nggak terlalu peduli dengan manfaatnyasih, menurut aq yang penting aq dan Bagas merasa asik dengan permainan itu. apalagi aq cukup sering membaca kebanyakan manfaat permainan itu melatih motorik halus, yang aq sebenernya kurang paham apa yang dimaksud motorik halus, dan kenapa penting banget kayaknya itu motorik dilatih-latih mulu. Haha..

Oke, berikut beberapa permainan yang bisa aq ingat, dan bagaimana reaksi Bagas dengan permainan-permainan itu. sebagian permainan dia mainkan dengan antusias, sebagian rada males-malesan. Sayangnya nggak semua permainan aq foto, agak ribet soalnya.

1.       Memasukan karet ke botol
Ini permainan simple banget, cukup sediakan berbagai karet gelang dan sebuah botol. Lalu contohkan pada anak untuk memasukan karet tersebut kebadan botol. Bagas agak repot merenggangkan karet, jadi botolnya nggak dia pegang. Hasilnya itu botol tumbang terus, akhirnya Bagas rada males masukin karetnya. Emaknya juga rada ngantuk waktu mainin permainan ini, jadi permainan ini tak terlalu menarik bagi kami.

2.       Meronce
Aq menggunakan tali dan pipet dengan diameter besar yang kugunting-gunting. Permainan ini sepertinya sudah cukup familiar ya, tinggal mencontohkan pada anak untuk memasukan pipet ke tali satu demi satu sehingga menjadi semacam rangkaian. Awalnya Bagas gagal memasukan pipetnya karena dia salah cara memegang talinya. Jadi begitu  pipetnya masuk, keluar-keluar lagi deh. setelah aq contohkan, dia bisa juga memasukan beberapa pipet. Tapi Bagas nggak terlalu suka dengan permainan ini. dia nggak terlalu antusias memasukan pipet-pipetnya sampai selesai. Agaknya permainan yang membutuhkan ketelatenan bukan jenis permainan yang disukai Bagas.

3.       Bermain gunting
Aq pake guntung khusus anak-anak produk mapped. Kebetulan lagi diskon di Giant, hoho... lalu aq tinggal sediain majalah bekas, terus ajak Bagas gunting-gunting deh. bagas suka dengan permainan ini, karena emang udah lama dia penasaran dengan gunting emaknya, tapi nggak pernah dikasih. Permainan ini memadukan 2 hal yang disukai Bagas, merusak barang dan menggunakan gunting seperti orang besar jadi dia cukup antusias dengan permainan ini

4.       Bermain palydough
Aq menggunakan adonan buatan sendiri, yang resepnya : 140 gram tepung + 250gram garam + 120ml air. Hasilnya cukup memuaskan, adonan sedikit terasa berminyak, tapi gampang dibentuk. Yang jelas, kalo adonanya nggak sengaja kemakan sama si Bagas, nggak berbahaya. Aq nggak kasih pewarna makanan, soalnya males entar lengket-lengket ditangan. Lagian ini kan baru percobaan pertama, liat dulu gimana reaksi si Bagas. 

tampilan adonanku


Hasilnya, dia cukup suka mengikutiku membentuk adonan menjadi berbagai bentuk seperti bulan purnama, bulan sabit, donat, dsb. Kemudian adonan yang berbentuk bola dia lempar-lempar ke atas. Aq kira, Bagas nggak terlalu antusias membentuk adonan, tapi waktu anak tetangga main ke rumah dan memainkan adonan dengan cara memadatkan adonanya ke cup es krim, eh si Bagas tertarik. Dia bisa asik sendiri cukup lama Cuma dengan memasukan dan menuangkan adonan ke cup es krim. Berartinya ummynya yang kurang jago ngasih contoh nih. Cuma ada satu yang kurang oke dari permainan ini, lantai rumah jadi rada lengket berminyak gitu. Terpaksa ngepel deh eike.. 

serius banget :)


5.       Berkebun
Alias mengaduk aduk tanah di pot dan menyiram bunga. Bagas sangat antusias dengan permainan ini, saking seriusnya dia sampai nggak ngomong apa-apa pas maininya. Hasilnya, baju kotor dan basah, tapi nggak apa2 lah, nggak repot nyediain ini itu ummynya. Hohoho..

#‎ODOPfor99days‬ #day7



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar