Rabu, 06 Januari 2016

Cilok isi rebon



Udah lama rasanya aq nggak ngeshare soal resep-resep kue yang aq coba, di blog ini. Padahal aq masih konsisten bikin cemilan tiap minggu loh. Tapi karena ada perubahan rutinitas sejak Bagas disapih, jadinya perlu penyesuaian lagi deh untuk nulis. sekarang setelah memutuskan untuk disiplin melakukan apa-apa yang penting, kuharap aq bisa nulis dengan lebih teratur.

Nah, tanpa memperpanjang mukadimah, kali ini aq mau ngeshare resep yang aq coba tanggal 4 Januari kemaren, Cilok isi rebon. Jadi, waktu Bagas acak2 tumpukan tabloid resepku di gudang, nggak sengaja aq ketemu dengan resep cilok isi rebon ini. Berhubung di rumah lagi ada udangnya, ya udah ku eksekusi deh resepnya. Dan kemarenkan ceritanya ultah suami, tapi karena kami nggak ngerayain ulang tahun-ulang tahunan, jadi aq nggak masak/melakukan sesuatu yang spesial. Tapi anggap aja ini cilok tanda cinta untuk suami (nggak keren amat cuma ngasih cilok, ah yang penting dia suka! hoho).

Sebenernya aq pingin bikin cilok berbentuk hati, biar sweet-unyu gimana gitu. Tapi rupanya adonan hasil buatanku lengket, mau bikin bulet aja susah. Mungkin terlalu banyak air, atau emang seperti itu adonan cilok? Akhirnya aq tambah lagi tepung terigunya dan tangan aq juga kubalur dengan tepung biar gampang ngebentuknya. Untuk yang pingin nyobain resep ini, aq saranin ngasih airnya dikit-dikit dulu sambil diuleni, sampai adonan mencapai tekstur yang pas sehingga gampang dibentuk.

Dari segi rasa, cilok hasil buatanku enak dan memuaskan (menurutku loh ya). Udang didalamnya memberi rasa gurih yang pas. Aq nggak masukin cabenya soalnya si Bagas ikutan makan.  Teksturnya sedikit terlalu alot bagi kami, jadi mungkin kalo buat resep ini tepung tapiokanya kukurangi sedikit. Dan cilok buatanku ukuranya kegedean, padahal rasanya aq udah buatnya kecil-kecil tapi waktu direbus rupanya ciloknya mengembang. Jadi harus 2x suap untuk memakanya, akan lebih asik kalo ukuranya kecil jadi langsung masuk mulut sekali suap. 

Secara keseluruhan aq puas dengan resep ini dan kemungkinan besar aq akan membuatnya ulang. Aku suka soalnya untuk membuat cilok nggak diperlukan modal dan waktu yang banyak. Pokoknya pas deh untuk cemilan asik-asik di sore hari atau menu berbuka puasa. 

cilok isi rebon


Resep Cilok Rebon Pedas (sumber: tabloid saji)
Bahan cilok:
Tepung tapioka 200gr
Tepung terigu protein sedang 200gr
Bawang putih,haluskan 20gr
Kaldu bubuk ¾ sdt
Garam ¾ sdt
Kucai 3 tangkai,iris
Air  250 ml
Bahan isi, aduk rata:
Udang rebon,sangrai-haluskan 50gr
Bawang putih goreng,diremah halus 1sdt
Bawang merah goreng,diremah halus 1sdt
Cabe rawit merah,goreng,cincang 3 buah
Bahan Saus:
Saus tomat+saus cabe+mayones
Cara membuat:
1.       Campur:tapioka,terigu, bawang putih,kaldu ayam, garam, kucai. Aduk rata
2.       Tuang air hangat sedikit-sedikit hingga tercampur rata
3.       Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi, bentuk bulat
4.       Rebus dalam air mendidih hingga mengapung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar