Minggu, 01 November 2015

Bolu Kukus Mekar Rasa Kopi



Salah satu kue yg Bagas kenceng makanya adalah bolu kukus mekar. Mungkin karena kue ini nggak bikin eneg ya, jadi dia bisa makan 2 biji sekaligus. Hehe... pokoknya dibanding kue-kue lain, Bagas lebih antusias kalau liat kue ini. So, dalam rangka edisi sayang anak, aq memutuskan untuk teratur bikin bolu kukus mekar. Rencananya sekali 2 minggu aq akan nyobain berbagai resep bolu kukus mekar, kan jenisnya banyak banget tuh, semoga pembaca nggak pada bosen ya.. hihi..

Tanggal 29 Oktober kemarin, aq memulai eksekusi rencanaku. Aq nyobain bolu kukus kopi, resepnya aq lupa catet darimana soalnya udah lama sih. Dan ini dia hasilnya, aq emang nggak kasih pewarna jadi warnanya putih kelabu gitu:

bolu kukus mekar kopi



Ada beberapa cara mencampur adonan bolkus, yg pertama semua adonan diaduk jadi satu kecuali emulsifier, dan yg kedua mengaduk telur+gula+emulsifier sampai kaku dulu baru masukan bahan yg lain. Kali ini, aq ikutin resep yg pake cara campur semua bahan jadi satu dan hasilnya mekar cantik sepeti digambar. Aq kurang tau sih trik supaya bikin bolu kukus mekar n nggak mingkem, tapi dari beberapa kali percobaan (dulu aq bakulan bolu kukus) ku perhatikan bolu kukus yg mekar itu adonanya kudu kental berjejak gitu. Oh iya, disamping itu pastikan bahan-bahan berada dikondisi suhu ruang, api yg digunain gede, tutup dandang dilapis pake kain biar air nggak netes ke kue, dan selama proses pengukusan kuenya jangan diintip-intip walaupun kita penasaran, hehe..


Secara rasa ini kue udah pas dan enak, tapi kopinya kurang terasa dan teksturnya kurang ‘berderai’. Mungkin karena aq nyeduh air kopinya terlalu pas 150ml, padahal waktu nuang ke adonan airnya aq saring lagi soalnya aq pake kopi yg berampas. Maklum, lagi males kekedai buat beli kopi tanpa ampas (duh). Soal kopi yg kurang terasa, mungkin karena aq masukin kopinya kesedikitan (waktu itu aku masukin 1 sendok teh kopi), mungkin percobaan berikutnya aq coba masukin 2 sendok teh aja biar kopinya lebih terasa.


Dengan resep ini, aq menghasilkan 28 bolkus menggunakan cup kecil. Lumayan banyak kan? tapiii, dalam waktu sehari ini kue udah ludes dimakan kami bertiga. :)


Resep Bolu Kukus Mekar Rasa Kopi

Bahan-bahan:
2 butir telur
200 gram gula pasir
10gr emulsifier (sp/tbm)
250 gram tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
150ml kopi

Cara:
Aduk semua bahan kecuali emulsifier  selama +/- 5 menit
masukan emulsifier, duk lagi 5 menit, hingga kental.
kukus 10-15menit

1 komentar:

  1. Salam kenalan dari Malaysia food blogger... www.mahamahu.com

    BalasHapus