Jumat, 30 Oktober 2015

Raisin Loaf



Di postingan soal kismis muffin, aq ngasih tau kan kalo aq beli kismis diskon? (ih, beli barang diskon aja bangga bener, sampe diumumin berulang-ulang). Nah, berhubung tanggal expirednya udah deket (bulan Desember) jadi aq merasa harus ngabisin itu kismis secepatnya. Tapi aku lagi nggak pengen bikin muffin lagi, maunya nyobain resep baru. Coba bolak-balik stok resep yg kira-kira pake kismis, nggak ada yg bikin ngiler. Eh, aq malahan ngiler dengan gambar loaf jeruk. Kayaknya asik tuh ngupi-ngupi bareng suami sambil makan loaf. Ya udah, aq cari deh resep raisin loaf di internet dan aku pun memutuskan untuk eksekusi resep dari situs allrecipes tanggal 25 Oktober kemarin. Dan ini penampakan hasil kismis loaf buatanku:

raisin loaf, fresh from the oven

Loaf itu apaan sih?
Mungkin ada yg nanya gitu. Sebenarnya aq juga nggak tau loh. Haha.. tapi menurut aq loaf itu sejenis roti yang manggangnya 1 potong besar kayak roti tawar gitu. Yah, tapi itu sih sotoynya ane aja.


raisin loaf-diiris
Tapi untuk bikin resep ini, aq nggak perlu repot-repot nguleni adonan kayak resep roti kebanyakan loh. Agaknya akhir-akhir ini aq lagi beruntung, soalnya nemu resep yg simple terus. Termasuk resep yg satu ini, ihiy banget deh pokoknya. Untuk mencampur bahan cuma perlu waktu lebih kurang 15 menit. Untuk pemanggangan, 40 menit di suhu 130-150C (seperti biasa dalam hal pemanggangan nggak bisa ngikutin resep asli). 

Kali ini aq nggak memodifikasi resep, aq cuma ganti ½ takaran kismis dengan choco chip supaya tambah enak. Dan karena aq belum punya loyang loaf, jadi aq pake loyang brownies aja. Tapi walaupun pake loyang brownies, hasil kue nggak mengecewakan. Waktu intip-intip oven pas lagi manggang, si loaf bangun dengan indahnya dan permukaan kue retak merekah menggiurkan.  Yup! Aq emang sering ngiler liat kue yg permukaanya retak merekah. Aq nggak bisa jelasin kenapa begitu, pokoknya kue retak itu memang menggiurkan kan?


Kalau soal rasa, menurut aq ini resep nggak begitu spesial. Enak, tapi nggak special. Tapi bolehlah resep ini dibuat cukup sering, soalnya bikinya simple dan bisa dijadikan pengganti roti untuk sarapan

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar