Senin, 19 Oktober 2015

Kismis Muffin



Salah satu rasa muffin yg terkenal yaitu blueberry muffin. Dan aq punya 1 resep blueberry muffin yg gambarnya asli bikin aq ngiler. Tapi di PKU, blueberry bukan buah yang lazim dijual. Kemaren aq sempat liat sih di lucky, tapi harganya nggak ada. Mungkin lumayan ‘wow’ ya, jadi harganya nggak dicantumin. Eike nggak berani ambil deh jadinya. Terus, waktu belanja ke Giant, eh ada kismis diskon, aq beli donk! (iya, saya hobby diskonan, situ jugakan? Hoho) . Soalnya, menurut resep, blueberry nya bisa diganti dengan kismis. Walaupun aq yakin rasa blueberry dgn kismis beda, dgn semangat 45 tanggal 3 Oktober kemaren aq nyobain resep ini. Dan ini dia hasilnya:


kismis muffin

Pada dasarnya, trik membuat muffin adalah
mencampur bahan kering (tepung, gula BP) sendiri, dam mencampur bahan basah (mentega, susu) sendiri. Kemudian, buat lubang di bahan kering dan tuang bahan basah di tengahnya. Lalu aduk, dan jangan sampai overmix. Kalau ada tepung yg menggumpal gitu, biarin aja, adonan muffin itu emang  seharusnya ‘lumpy’. 



Aq berkesimpulan bahwa muffin adalah kue yg cukup menyenangkan untuk dibuat, rasanya maknyus  terus hemat waktu pula.  Menurut resep 200g bluberry bisa diganti dengan 75g kismis, tapi kayaknya 75g kesedikitan deh. Dan aq rasa lebih bagus lagi kalau sebagian kismis aq tabur diatas adonan yg udah dituang ke cetakan, bukanya diaduk semua ke adonan seperti punyaku ini. Aq jelas akan bikin kue ini lagi, tapi berikutnya aq akan campur kismis dengan choco chip. Hmmm...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar