Jumat, 09 Oktober 2015

Donut Glazed




sumber:nbclosangeles.com
Aq penggila donat Krispy Kreme. Menurut aq, itu donat terenak yg pernah kumakan. Sayangnya hingga hari ini mereka belum buka cabang di PKU, jadinya aq makan donat ini kalo si mas berangkat ke Jkt doank. Hiks! Yang bikin aq suka dari Krispy Kreme adalah glazednya, yang manis, mengkilat dan menggoda selera. Aq penasaran gimana sih cara bikin glaze kayak gitu, so aq carilah resepnya di internet. Aq dapat beberapa resep, dan tanggal 20 September kemarin aq putuskan untuk mengeksekusi resep dari www.sugarhit.com. Menurut resep ini, bahan glazed-nya cuma icing sugar+susu cair+vanilli. Berhubung di rumah lagi nggak ada icing sugar, maka aq memutuskan untuk menghaluskan gula pasir dengan menggunakan blender. Tapi rupanya, gula pasir yg dihaluskan tidak sama dengan icing sugar. Tekstur gula masih terlalu kasar sehingga cairan glazed buatanku masih terasa berbutir/kasar. Meski begitu, donat hasil mengikuti resep ini gurih dan empuk. Jadi bolehlah dibuat lagi kalau entar aq udah beli icing sugar. 

Sebagai pemula, terkadang aq menemukan resep yang menggunakan granulated sugar, kastor sugar, icing sugar. Pertanyaanya, perbedaan gula-gula itu apa ya? Selama ini aq kira sama aja loh, tapi setelah mencari info lagi rupanya:
-granulated sugar : gula pasir halus
-castor sugar : gula yg butiranya lebih halus dari gula pasir. Kita bisa blender gula pasir biasa, tp jangan kelamaan.
-icing sugar : gula tepung. Katanya sih, kita bisa blender sendiri sampai bener-bener halus. Tapi kayaknya aq lebih milih beli yg udah jadi aja, karena beberapa icing sugar yg dijual udah ditambah zat tertentu jadi ada rasa-rasa mint gimana gitu.

Hihi, ternyata beda ya..baiklah aq paham sekarang.
BTW, aq kemaren nggak sempet foto donat hasil buatanku, karena waktu donatnya jadi pencahayaan lagi nggak oke buat foto2. Eh, pas pencahayaanya udah rada oke, donatnya keburu abis!  (ngelirik ke arah perut suami).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar