Jumat, 23 Oktober 2015

Cupcake Ubi Merah



Masih dengan edisi semangat makan ubi merah, tanggal 17 Oktober kemarin aq mencoba mengeksekusi resep berbahan dasar ubi merah. Kali ini aq nyobain cupcake ubi merah dari situs allrecipes yang sedikit kumodifikasi. Dan ini dia hasilnya:

cupcake ubi merah,yum!

I love this recipe!
Teksturnya lembuuut, dan rasanya mantep, udah gitu jadinya banyak lagi..hoho.. Beberapa modifikasi yg aku lakukan adalah mengganti brown sugar dgn gula pasir biasa dan aku tidak memasukan bumbu-bumbu seperti kayu manis, jahe, lada , dan cengkeh. Aq perhatikan, beberapa resep bule yg pake sweet potato (bahasa keren ubi merah) kebanyakan memasukan rempah-rempah seperti yg kusebutkan sebelumnya. Mungkin menurut lidah mereka itu yg cocok kali ya? Aq sendiri kurang suka kue yg rasa rempah-rempahnya kuat, seperti kue jahe misalnya. Makanya, aku skip rempah-rempah dari percobaanku yg pertama ini. Mungkin kalau besok coba bikin lagi, aq masukin rempah-rempahnya. Aq juga nggak bikin topping marshmallow nya, males aja, lagian lebih enak choco chip kayaknya.



So pasti aq seneng berhasil nemuin resep kue berbahan ubi merah yg maknyus. Apalagi cupcake jenis kue yg simple bikinya. Tips untuk bikin cupcake juga asik banget nih: jangan overmix, cukup aduk sampai bahan tercampur dgn kecepatan rendah.  Artinya, hemat waktu pengerjaan beib!  

Setelah kuenya jadi pas kita lagi asik makan kuenya, suami nanyain gini, ‘bedanya cupcake sama muffin apa?’. Terus aq nggak bisa jawab, hehe.. bener juga, aq nggak tau loh beda cupcake sama muffin apa. Jadi, aq googling untuk nyari jawabanya, dan ini dia bedanya:
1.       Cupcake itu teksturnya lembut, empuk, dan ringan karena mengandung mentega dan telur.
Teknik membuat cupcake disebut creaming. Creaming dilakukan dengan mengocok lemak padat seperti mentega, atau margarin dengan gula.
2.       Muffin itu teksturnya lebih padat dan basah jadi lebih bikin kenyang.  Tekstur muffin lebih berat disebabkan oleh teknik blending. Yang digunakan adalah lemak cair seperti mentega leleh, minyak zaitun, atau margarin cair.

Begitulah, kalau aq pribadi lebih suka tekstur cupcake daripada muffin. Dan pastinya resep cupcake ubi merah ini aq save baik2..hoho..

temen ngupi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar