Kamis, 24 September 2015

Ting2 Palm Sugar Brownies



Aq sudah membuat komitmen dgn diri sendiri untuk membuat kue setiap minggu. Alasanya supaya skill bikin kue nambah, dan karena bikin kue itu bikin aq happy. Aq menyadarinya di suatu hari, bahwa tiap bikin kue tanpa sadar aq bersenandung. Cieee..
Seiring dengan teraturnya jadwalku membuat kue, pengalamanku pun bertambah. Dan aq berpikir sepertinya sebuah ide bagus kalau setiap kali bikin kue, pengalaman dan hasilnya aq tulis di blog. Pertama, blog ini akan menjadi semacam track record kue-kue yang pernah aq buat. Kedua, dengan menuliskanya kembali, aq jd lebih paham dgn proses membuat kue. Dan ketiga, dengan nge-share di blog aq bisa berbagi ilmu.
Baiklah, tanpa basa-basi lagi, aq mau ngeshare kue yg aq buat tgl 11 September kemaren, yaitu Palm Sugar Brownies.
Jadi, ketika aq memutuskan untuk membuat kue, kubolak-balik resep-resep yg udah aq kumpulkan. Pilihan jatuh pada Brownies Palm Sugar dari booklet majalah Femina terbitan tahun 1983. Yup! 1983! Ini memang buku resep warisan si mamah. Alasan aq milih bikin kue ini karena dari gambarnya ini kue kelihatan enak dan bahanya gak pake coklat sama sekali tapi pake palm sugar. Penasaran donk gimana rasanya. Langsung deh aq eksekusi, apalagi semua bahan ada di dapur. 

Dan begitulah tampilan kue setelah matang, but guess what!? Rasanya kayak permen ting-ting bok! Yup, tekstur kue agak-agak lengket kenyal gitu karena resepnya make palm sugar yg dicairin seberat ½ kg. Dan kacangnya terlalu matang sehingga menutupi rasa kue. Huhu!
Terus itu salah gue dan temen-temen gua apa salah resep?
Ok, mari kita mundur ke proses pembuatan kue:
1.       Resep says : cairin gula campur mentega dengan api kecil. Done that! Tapiiii... setelah gula cair aq matiin api kemudian biarin si gula sementara aq ngerjain yg lain. Rupanya gula kembali mengeras, dan tekstur menjadi seperti karamel. Jadi aq cairin ulanglah si gula. Apakah itu penyebab tekstur kue jadi chewy gitu? Entahlah, bisa jadi maksud resep emang menghasilkan brownies yg kenyal2 gitu mengingat gula dicairin=karamel. Tapi aq memutuskan -kalau lain kali bikin resep ini lagi- untuk mengurangi takaran palm sugar jadi setengahnya aja, dan mengganti sisanya dengan coklat masak.
2.       Resep says: tambahkan kacang mente goreng yg sudah dicincang. Done that too..tapi.... mente aq ganti kacang tanah biar hemat..hoho.. udah gitu aq terbeli kacang tanah yg masih ada kulitnya dan aq males banget ngupasin itu kacang satu-satu. Akhirnya ide kreatif yg gak terlalu cemerlang pun muncul: kacang diblender 5 detik biar gak terlalu halus. Hasilnya kacang jadi buanyaaak dan menutup permukaan kue. Dan pas manggang aq jadi susah untuk ngecek ini kue udah matang apa belum.
Dan hasilnya kacang terlalu matang! Pertanyaanya, sebenarnya kacang perlu di goreng dulu/nggak sih? Well, setelah aq membandingkan beberapa resep brownies aq mendapat kesimpulan bahwa : kalau kacang mente memang digoreng dulu, tapi kalau kacang tanah disangrai atau mentah sekalian. Yup, rookie mistake!
Yah, begitulah pengalamanku dari resep brownies palm sugar ting-ting ini. Kemungkinan aq nggak akan bikin brownies pake resep ini lagi, karena dari segi bahan modal brownies palm sugar lebih mahal dari brownies coklat biasa. Padahal dari segi rasa lebih enak brownies coklat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar